Pengabdian Dosen Kimia: PEMBUATAN PAPAN PARTIKEL PENGGANTI TRIPLEKS BERBASIS LIMBAH PADAT SEBUK KAYU

Program Kegiatan PKM merupakan program kegiatan yang didanai oleh LPPM dan PM – Universitas Samudra Tahun 2018, PKM merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap Dosen. Program ini bertujuan untuk mentransfer sekaligus menerapkan ilmu dan teknologi yang telah diteliti sebelumnya kepada masyarakat luas.

Adalah Dosen dari Program Studi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra yaitu Tisna Harmawan, S.Si, M.Si yang merupakan Ketua TIM PKM dan anggota Fajriani, S.Pd, M.Si dan Ulil Amna, S.Si, M.Sc, melaksanakan Kegiatan PKM dengan tema “Peningkatan Nilai Ekonomis Dan Pendapatan Masyarakat Dengan Pemanfaatan Limbah Padat Panglong Kayu Menjadi Papan Partikel Pengganti Tripleks Menggunakan Resin Poliester – Urea Formaldehida” telah dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2018, pukul 09.00 s/d selesai di Desa Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa. Tema yang diangkat oleh tim PKM ini sangat relevan dengan kondisi daerah dan kebutuhan masyarakat desa ini, dimana diketahui limbah padat serbuk kayu dari panglong kayu di kota langsa belum ada teknik pengolahan khusus dan limbah tersebut masih dibuang dan di bakar begitu saja hal ini merupakan landasan dilakukan pembuatan papan pertikel berbasis limbah padat serbuk kayu.

Pemanfaatan limbah padat serbuk kayumenjadi papan partikel pengganti tripleks merupakan solusi yang diberikan oleh tim PKMdalam meningkatkan nilai ekonomis limbah padat serbuk kayu. Pada kegiatan ini, tim PKM memberikan contoh dan praktek langsung kepada masyakarat tentang cara pengolahan limbah padat sebuk kayu menjadi papan partikel. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah CV. Usaha Meuble indah, mahasiswa dan beberapa dosen Program Studi Kimia, yaitu Ibu Puji Wahyuningsih,S.Si, M.Sc (Koordinator Program Studi Kimia), Ibu Halimatussakdiah, S.Si, M.Scserta mendapat dukungan dari masyarakat dan aparat Desa Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, karena melalui kegiatan ini mereka mendapatkan informasi baru mengenai cara pembuatan papan partikel berbasis limbah padat kayu dan ditunjukkan dengan banyaknya minat untuk mengolahnya karena sangat mudah untuk membuatnya. Oleh karena itu, dari peluang bisnis tersebut dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan mengingat bahwa bahan baku yang digunakan berbahan dasar limbah, mudah didapat dan tersedia di Desa Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa.
“Secara fisik, produk dari limbah padat panglong kayu (papan partikel) tidak jauh berbeda dengan produk hasil pabrikan. Selain itu keunggulan produk papan partikel ini dari bahan dasar limbah padat panglong kayu yang murah dan mudah didapat di kota langsa” oleh Ketua TIM PKM, Sehingga nantinya produk hasil PKM ini dapat di jual guna meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Catatan:
Papan partikel merupakan campuran partikel-partikel kayu yang dicampur denganresin sintetis dan dipres atau ditekan menjadi lembaran-lembaran keras dalam ketebalan tertentu. Papan partikel juga sering digunakan sebagai bahan baku dan menghasilkan papan yang disebut sebagai flex board. Flex board mirip dengan papan partikel, namun cenderung lebih ringan dan tidak sekuat papan berbahan dasar kepingan kayu.

Penggunaan papan partikel antara lain adalah untuk perabotan rumah tangga, dinding dalam ruang, plafon, lantai dan lain-lain sebagai pengganti tripleks. Keuntungan dari penggunaan papan partikel antara lain yaitu bahan konstruksi yang cukup kuat, pengerjaannya mudah dan cepat, mudah melakukan finishing, dan dapat menghasilkan bidang yang luas. Masyarakatjuga lebih menyukai penggunaan barang-barang interior yang terbuat dari papan partikel karena harganya yang jauh lebih murah, desainnya lebih menarik dan modelnya yang beraneka ragam dibandingkan dengan barang yang terbuat dari kayu asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Pengabdian Dosen MIPA Kimia di Aceh Tamiang: Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer untuk Pencegahan Covid-19

Dosen Program Studi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Raja Tuha Kecamatan Manyak Payed Kab. Aceh Tamiang. Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Tim PKM) ini terdiri dari Yulida Amri, S.Pd., M.PKim (Ketua) dan Dewi Novianti, S.Si., M.Si (Anggota). Kegiatan ini diikuti oleh para remaja dan ibu-ibu Kampung Raja Tuha […]

Pengabdian Dosen MIPA Kimia Unsam di Julok: Pembuatan Home Dried System untuk Peningkatan Produksi Ikan Asin Kerupuk

Dosen Prodi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra (Unsam) Puji Wahyuningsih, S.Si., M.Sc (Ketua Tim) dengan anggota tim Tim PKM Rachmad Almi Putra, S.Pd.,M.Sc (Dosen Prodi Fisika Fakultas Teknik Unsam), Wan Alamsyah ST.,MT (Dosen Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsam) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian yang dilaksanakan adalah melakukan pembuatan Home Dried System untuk meningkatkan […]