Pengabdian Dosen MIPA Kimia Unsam di Peureulak: Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Bernutrisi Tinggi

[Peureulak] Dosen Prodi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra yang tergabung dalam Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Gampong Cot Muda Itam Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur pada hari Kamis, 11 Juli 2019. Tim pelaksana kegiatan pengabdian ini adalah Halimatussakdiah, S.Si., M.Sc (Ketua), Yulida Amri, S.Pd., M.PKim (Anggota 1) dan Vivi Mardina, S.Si., M.Sc (Anggota 2).

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat petani tambak di Gampong Cot Muda Itam serta dihadiri para dosen dan mahasiswa Prodi MIPA Kimia dan MIPA Biologi Unsam. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini merupakan hibah dari Kemenristek Dikti untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan pembuatan pakan ikan bernutrisi tinggi. Masyarakat diajarkan bagaimana membuat pakan ikan dengan memanfaatkan limbah ikan yang terbuang. Setelah dibersihkan limbah ikan terlebih dahulu harus direbus dan dikeringkan untuk dapat dijadikan tepung ikan. Tepung ikan kemudian diolah dengan menambahkan bahan-bahan lainnya seperti tepung kanji, jagung, kedelai, dan dedak padi hingga dihasilkan adonan yang dapat dijadikan sebagai pakan ikan.

Dari pelatihan ini diharapkan petani tambak di Gampong Cot Muda Itam dapat membuat pakan ikan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan dari sumber lokal sehingga tidak tergantung dengan pakan ikan yang dijual dipasaran. Geuchik Gampong Cot Muda Itam, Adnan Idris menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pemberdayaan pemuda gampong khususnya dalam meningkatkan pengetahuan.

One thought on “Pengabdian Dosen MIPA Kimia Unsam di Peureulak: Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Bernutrisi Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Pengabdian Dosen MIPA Kimia di Aceh Tamiang: Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer untuk Pencegahan Covid-19

Dosen Program Studi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Raja Tuha Kecamatan Manyak Payed Kab. Aceh Tamiang. Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Tim PKM) ini terdiri dari Yulida Amri, S.Pd., M.PKim (Ketua) dan Dewi Novianti, S.Si., M.Si (Anggota). Kegiatan ini diikuti oleh para remaja dan ibu-ibu Kampung Raja Tuha […]

Kuliah Dosen Tamu MIPA Kimia Unsam

Program Studi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra melaksanakan Kuliah Dosen Tamu dengan tema Kimia Organik Bahan Alam (KOBA) pada hari Jumat 9 Oktober 2020 pukul 14.30 WIB- selesai. Kuliah dosen tamu diisi oleh Guru Besar FMIPA Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Rosnani Nasution, M.Sc. Kegiatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas […]