Pengabdian Dosen MIPA Kimia Unsam di Julok: Pembuatan Home Dried System untuk Peningkatan Produksi Ikan Asin Kerupuk

Dosen Prodi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra (Unsam) Puji Wahyuningsih, S.Si., M.Sc (Ketua Tim) dengan anggota tim Tim PKM Rachmad Almi Putra, S.Pd.,M.Sc (Dosen Prodi Fisika Fakultas Teknik Unsam), Wan Alamsyah ST.,MT (Dosen Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsam) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian yang dilaksanakan adalah melakukan pembuatan Home Dried System untuk meningkatkan produksi ikan asin kerupuk di Desa Kuala Geulumpang Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur.

Pengabdian masyarakat ini bekerjasama dengan kelompok RATANA dan berlangsung pada 28 Juni-26 Juli 2020. Program ini dibiayai oleh Kementerian RISTEK-BRIN pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada tahun 2020.

Diharapkan dengan program ini produksi ikan kerupuk asin meningkat karena selama ini masyarakat menggunakan metode pengeringan manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Pengabdian Dosen MIPA Kimia di Aceh Tamiang: Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer untuk Pencegahan Covid-19

Dosen Program Studi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Raja Tuha Kecamatan Manyak Payed Kab. Aceh Tamiang. Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Tim PKM) ini terdiri dari Yulida Amri, S.Pd., M.PKim (Ketua) dan Dewi Novianti, S.Si., M.Si (Anggota). Kegiatan ini diikuti oleh para remaja dan ibu-ibu Kampung Raja Tuha […]

Pengabdian Dosen MIPA Kimia Unsam di Peureulak: Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Bernutrisi Tinggi

[Peureulak] Dosen Prodi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra yang tergabung dalam Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Gampong Cot Muda Itam Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur pada hari Kamis, 11 Juli 2019. Tim pelaksana kegiatan pengabdian ini adalah Halimatussakdiah, S.Si., M.Sc (Ketua), Yulida Amri, S.Pd., M.PKim (Anggota 1) dan Vivi Mardina, […]